Apa itu Virtual Private Network (di singkat dengan VPN) ?
Banyak perusahaan di seluruh dunia menggunakan VPN untuk menghubungkan server kantor mereka dari lokasi lain seperti rumah dll. Virtual Private Nework menggunakan PPTP (Point to Point Tunneling Protocol untuk memungkinkan Windows dan pengguna Mac terhubung ke server PowerElf dari lokasi lainnya.

PPPT menyediakan koneksi terenkripsi 128 bit yang aman dari komputer lokal ke server VPN. Dalam VPN, tidak hanya data dienkripsi tetapi sumber dan alamat tujuan jaringan juga dienkripsi.
VPN menggunakan internet sebagai sarana untuk menyambung ke jaringan remote dan situs-situs dan memungkinkan koneksi virtual.

Virtual Private Nework merupakan metode alternatif untuk menghubungkan jaringan kantor atau LAN. Internet adalah sebuah domain publik dan siapa saja dapat menggunakannya pada komputer melalui, saluran telepon, modem dan layanan internet dapat mengaksesnya.
VPN menggunakan satu set metode keamanan, seperti enkripsi, password, firewall dan prosedur keamanan lain. VPN dapat terdiri dari sejumlah server dan situs.
Virtual Private Nework paling umum adalah VPN remote-akses, yang menciptakan sebuah jalur aman dari komputer Anda dan server perusahaan Anda.
Dalam beberapa kasus, anda bahkan tidak perlu memiliki akses internet tetapi Anda hanya perlu sebuah komputer, saluran telepon, modem dan perangkat lunak, dengan administrator jaringan yang telah terinstal pada komputer Anda atau Anda akan diberikan petunjuk untuk mengkonfigurasi PPTP.
Setelah berhasil mengkonfigurasi PPTP, Anda akan dapat dial server perusahaan dan mengaksesnya dengan menciptakan sebuah VPN. Dalam Virtual Private Nework, komputer remote bertindak sebagai penghubung pada jaringan lokal yang sama dan aman.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian dari koneksi VPN.
Keuntungannya

  • Hal ini memungkinkan dan membuat Anda mampu menghubungkan dan mengakses komputer perusahaan Anda, saat Anda berada di rumah Anda atau lokasi remote lainnya. Ini adalah cara yang sama seperti Anda mengakses komputer perusahaan Anda di kantor Anda.
  • Hal ini hampir tidak mungkin bagi orang lain untuk mencampuri atau mengganggu di jalur jaringan VPN
  • Anda bahkan dapat terhubung ke jaringan perusahaan Anda dari seluruh dunia jika Anda telah menginstal dan mengkonfigurasi perangkat lunak VPN client pada laptop Anda.
Kerugiannya :
  • Setup dari koneksi Virtual Private Nework relatif lebih rumit daripada koneksi jaringan normal. VPN dapat bekerja di sekitar produk jaringan dari perusahaan yang berbeda tetapi terhubung ke produk non-Netgear akan menambah kesulitan.
  • Anda harus mengikuti kebijakan perusahaan dan prosedur saat menyambung ke jaringan melalui VPN. VPN terjadi antara komputer dan jaringan atau LAN lokal dan jaringan remote menggunakan router. Setiap akhir koneksi VPN merupakan titik akhir. Hubungan antara dua jaringan VPN disebut jalur VPN.
  • Semua router Netgear VPN mendukung pass through. bahwa router tidak berhenti dari lalu lintas VPN. Tujuan dari VPN adalah untuk mencegah data antara dua komputer atau jaringan yang diubah.
  • Seluruh tujuan dari VPN adalah untuk mencegah data yang diubah, jadi, misalnya, melewati router yang juga menjalankan NAT akan mematahkan sambungan VPN.
VPN Essentials
Untuk menyiapkan koneksi Virtual Private Nework Anda memerlukan peralatan dasar dan account VPN dari Internet Service Provider. Sistem operasi terbaru seperti Windows 2000, Windows 2003 server atau profesional tidak memerlukan perangkat lunak VPN client yang terpisah. Namun, jika Anda memiliki sistem operasi lama seperti Windows 95/98, Anda akan memerlukan software tambahan untuk VPN.
  • PC dengan kecepatan prosesor lebih dari 300 MHz.
  • RAM: 128MB meskipun 64 MB minimal tetapi dapat membatasi banyak fitur dan VPN.
  • 1,5 GB ruang disk untuk penyimpanan tersedia.
  • Sebuah dial up, modem kabel, ISDN atau jenis modem diperlukan. Modem dengan kecepatan yang lebih dan baik untuk transfer data yang lebih cepat.

Internet Account

Anda membutuhkan account VPN dari ISP Anda dengan password dan alamat IP khusus untuk keamanan sambungan dan keperluan enkripsi.

Kerja Virtual Private Nework

Ada banyak aspek kerja VPN dan itu tergantung pada perangkat lunak, perangkat keras dan arsitektur sambungan VPN. Setiap jenis koneksi VPN memiliki fitur itu sendiri sehubungan dengan keamanan, skalabilitas dan kualitas pelayanan. Ada 2 jenis utama dari koneksi VPN seperti komputer individu untuk LAN dan LAN untuk koneksi LAN.
Tujuan dari protokol yang terlibat dalam VPN adalah sebagai berikut.
  • Enkripsi data pada akhir pengiriman.
  • Penciptaan sebuah jalur di mana data dalam bentuk paket dirumuskan dalam bentuk TCP / IP network.
  • Deskripsi data di sisi penerima.
  • angkah-langkah keamanan lainnya termasuk keamanan password, firewall dan enkripsi dari komputer remote host dan alamat IP atau jaringan.